Personal Blog Seputar Informasi Teknologi Terkini

Kamis, 12 Oktober 2017

Kamar tidur merupakan area privasi penghuninya yang sering dimanfaatkan untuk istirahat sejenak dari rutinitas, tidur, belajar, hingga aktivitas harian lainnya sebelum melakukan aktivitas di luar rumah. Oleh karena itu, pengetahuan tentang dekorasi kamar sangat dibutuhkan agar Anda sebagai penghuninya betah untuk tinggal dan beraktivitas di dalamnya.
 
Sayangnya masih banyak orang yang menyepelekan pentingnya mempercantik kamar. Sibuk dan tidak tahu cara mendekor kamar menjadi alasan klasik yang banyak dilontarkan mereka. Nah bagi Anda yang tinggal di ruko dan bingung untuk mendekorasi kamar Anda di lantai atas, 5 kesalahan konsep desain kamar tidur ini harus Anda ketahui sekaligus hindari.
 

1. Pencahayaan yang Kurang

Pencahayaan yang kurang karena penggunaan lampu yang kurang sesuai seringkali menjadi penyebab utama kamar tampak lebih sempit. Hal ini dikarenakan kamar menjadi remang-remang yang jika ditilik dari sisi psikologi, ruang gelap ini menjadi pemicu perasaan sesak dan sempit. Hindari juga pemilihan furnitur warna gelap dari kamar Anda.
 
Pencahayaan yang baik sangat penting untuk mempercantik ruangan sehingga lebih enak untuk dipandang. Cobalah untuk menyingkirkan barang-barang dan menghilangkan bagian-bagian ruangan yang gelap dengan menggunakan cahaya lampu yang baik atau secara alami melalui kaca jendela.
 
Pencahayaan kamar dipengaruhi pula oleh pemilihan cat warna untuk dinding. Hindari penggunaan cat dengan warna tua. Pilih warna netral karena menimbulkan efek menenangkan sehingga membuat kamar Anda tampak lebih luas, misalnya warna netral (putih), putih plus hitam (dominasi putih), biru muda, krem, ungu, merah mudah lembut, atau warna-warna pastel lainnya. Jika ingin lebih bercorak, gunakan wallpaper dengan motif lembut.
 
Bukalah jendela setiap pagi hingga sore meski pencahayaan lampu dalam kamar sudah Anda anggap memadai. Selain bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi, cahaya alami juga lebih baik untuk kesehatan mata daripada terus-terusan dari lampu. Jika memungkinkan, gunakan cermin dalam interior kamar untuk membuat ilusi ruangan tampak lebih luas.
 

2. Terlalu Banyak Furnitur

Jika Anda ingin memberi dekorasi kamar dengan furnitur, hindari guci atau pot, meja belajar, meja kerja, meja rias, lemari pakaian dan rak buku berukuran besar. Anda bisa menggantinya dengan pot kecil berisi tanaman segar di balkon atau dekat jendela. Singkirkan terlebih dahulu barang-arang berukuran besar ke bawah tempat tidur atau gudang.
 
Letakkan furnitur seperlunya, jika memungkinkan meja kerja, meja belajar, dan meja rias untuk masuk, maka pilih salah satu atau dua yang ukurannya minimalis agar tidak memakan banyak ruang. Gunakan satu meja untuk fungsi ganda.
 
Sedangkan untuk dekorasi dinding, cukup beri hiasan dinding sederhana yang tidak terlalu mencolok tapi juga tidak monoton seperti lukisan seedcraft yang unik karena handmade atau jam dinding lucu sehingga terlihat elegan dan kekinian.
 

3. Ranjang dan Bed yang Oversize

Menggunakan springbed ukuran King atau Queen jelas sebuah kesalahan penempatan jika dipaksakan masuk ke kamar ruko minimalis Anda karena akan banyak memakan space sehingga kamar menjadi sempit. Perhitungkan kembali ukuran kamar agar dapat disesuaikan dengan ukuran tempat tidur Anda.
 
Anda dapat memilih tempat tidur dengan corak sederhana dan minim ornamen atau yang dapat dirapatkan ke dinding yang sering dipakai oleh anak kos. Penempatan tempat tidur juga sebaiknya rapat ke dinding, bukan di tengah-tengah agar space tengah terlihat lebih lapang. Banyak ruko dijual yang mengaplikasikan penempatan kamar tidur seperti ini.
 
Sedangkan bagi Anda yang menginginkan konsep tempat tidur modern dan kekinian, banyak inspirasi di internet untuk ranjang yang diletakkan di langit-langit dan ditopang kayu atau besi. Bagian bawah bisa dijadikan kompartemen untuk tempat menaruh pakaian, sebagai rak buku, atau barang-barang penting Anda lainnya.
 

4. Penempatan Barang yang Tidak Teratur

Seringkali ada barang toko yang dimasukkan ke dalam kamar, entah itu untuk dicek atau kepentingan lainnya. Tambah lagi, kabel-kabel dan barang-barang kecil lainnya yang diletakkan sembarangan, sekaligus membawa pekerjaan ruko di lantai bawah ke dalam kamar, dijamin kamar minimalis Anda akan terlihat semakin semrawut.
 
Manfaatkan setiap sudut kamar namun jangan menimbulkan kesan sesak karena banyaknya barang. Letakkan barang-barang sesuai tempatnya. Jika bagian bawah tempat tidur dapat dijadikan laci, gunakan untuk meletakkan barang-barang kecil di dalamnya. Gunakan kontainer atau keranjang besar untuk barang-barang Anda agar tidak berceceran. Lalu usahakan untuk tidak meletakkan barang-barang usaha ke dalam kamar.
 

5. Model Pintu yang Terlalu Besar 

Pintu besar memang membuat leluasa bagi siapapun yang ingin memasuki rungan di dalamnya dan seringkali diterapakan dalam pintu utama rumah besar bergaya modern klasik. Namun pemilihan pintu berukuran besar atau bahkan dua pintu membuat kamar Anda sesak, apalagi jika posisi membukanya ke dalam kamar.
 
Karena model pintu dapat menciptakan kesan kamar lebih luas, maka penggunaan sliding door (pintu geser) dapat Anda pertimbangkan selain dua pintu atau satu pintu biasa. Penggunaan pintu geser ini membuat space kamar tidak akan termakan daun pintu saat dibuka. 
 
Kamar tidur minimalis maupun besar (maksimalis modern) selalu memerlukan konsep yang benar dalam pentaannya agar nyaman untuk ditempati. Apalagi untuk yang menyatu dengan toko, cari informasi ruko dijual yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamar tidur Anda. Pelajari konsep mendesain kamar, dari membuat ilusi lebih luas, space saving, hingga furnitur untuk menyimpan barang Anda dengan desain kekinian. Buat kamar Anda beda!

by Irwan Rifani 10.46 No comments | in

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites Stumbleupon Twitter

Search