Personal Blog Seputar Informasi Teknologi Terkini

Rabu, 30 Mei 2018

Sabi Software - Jika Anda adalah seorang yang menyukai tantangan dan ingin selalu memacu adrenalin, kini banyak olahraga baru yang bisa memberikan Anda kepuasan ketika melakukannya. Jika menyukai olahraga air, terdapat jenis olahraga arung jeram hingga surfing yang bisa dipilih untuk memberikan tantangan setiap saat. Sedangkan bagi Anda yang lebih menyukai olahraga ekstrem di darat atau pegunungan, rock climbing dan mountain bike bisa dijadikan alternatif pilihan. Rock climbing atau panjat tebing sendiri merupakan jenis olahraga yang sedang naik daun di Indonesia setelah dibawa pulangnya 3 medali sekaligus oleh para atlet di kejuaraan dunia.

panjat tebing

Rock climbing merupakan olahraga di alam liar yang memiliki tujuan untuk mendaki tebing terjal dan curam namun bukan dengan mendaki dari landasan landai seperti pendakian gunung akan tetapi justru dari sisi curam tebing tersebut. Bukan hanya landasan vertikal saja yang akan menjadi medan yang harus dilalui, bahkan seorang pemanjat tebing bisa melewati medan menjorok sehingga dia hanya bisa menggunakan kekuatan jari tangan saja untuk melaluinya. Adrenalin yang dihasilkan pasti sangat besar karena Anda akan dibawa bergelantungan di atas alam liar. Namun, untuk keselamatan, pastinya ada alat pengaman yang perlu dibawa dan diaplikasikan.

Olahraga ini bukan hanya dilakukan demi mengejar sensasi adrenalin saja, namun juga bisa membawa manfaat kesehatan. Dari berbagai penelitian termasuk pengalaman manfaat kesehatan para atlet, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga panjat tebing jika dilakukan dengan cara yang benar, teratur dan sesuai dengan keahlian yaitu menguatkan tubuh dan otot, menjaga stamina, membakar lemak, melatih fleksibilitas tubuh serta melatih kekuatan otot. Selain manfaat tersebut, ada juga manfaat lain secara umum yaitu:

  • Meningkatkan daya konsentrasi.
  • Membantu menghilangkan depresi atau rasa penat.
  • Melatih kecepatan memutuskan masalah.
  • Melatih kepercayaan diri.
  • Membantu tubuh menjadi lebih atletis.

Jenis olahraga ekstrem ini sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja bahkan anak-anak. namun tentu saja area yang digunakan bukanlah tebing sungguhan. Anak-anak dan pemula bisa memulai olahraga ini menggunakan indoor climbing atau wall climbing yang sesuai untuk tingkatan mereka. Secara bertahap, dengan instruksi orang yang lebih berpengalaman, Anda akan mengerti bagaimana tehnik yang perlu dikuasai untuk memanjat tebing yang sebenarnya dan bagaimana memasang serta menggunakan alat keamanan untuk membantu Anda mendaki dengan aman.

Di laga prestasi, atlet Indonesia baru-baru ini menyumbangkan sejarah dari cabang olahraga ini. di kejuaraan dunia rock climbing yang diadakan di China, Indonesia sesuai dengan target yang diharapkan yaitu membawa pulang medali. Namun pencapaian ini ternyata melebihi ekspektasi dengan membawa 3 buah piala sekaligus yaitu emas, perak dan perunggu. Dengan begitu tim Indonesia menjadi juara umum di kejuaraan dunia rock climbing yang diadakan di China tahun 2018 ini. Diharapkan dengan prestasi tersebut, olahraga ini akan semakin dicintai dan para atlet memiliki banyak penerus untuk ikut ke kejuaraan berikutnya.

Bagi Anda yang tertarik untuk ikut memulai olahraga panjat tebing tak ada salahnya untuk memulai di level dini yaitu wall climbing di area kuliah ataupun di stadion berbayar. Namun jangan lupa untuk menggunakan alat pengaman yang lengkap agar Anda memiliki jaminan keamanan. Alat keamanan bisa disewa ataupun dibeli secara pribadi di berbagai situs belanja online yang menyediakan berbagai fitur keamanan profesional.
by Irwan Rifani 10.25 No comments | in , ,

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites Stumbleupon Twitter

Search