Personal Blog Seputar Informasi Teknologi Terkini

Minggu, 22 Juli 2018

Sabi Software - Kemajuan teknologi pada saat ini banyak membantu memudahkan transaksi jual-beli. Termasuk juga dalam hal ini penjualan hewan qurban. Pembelian hewan qurban melalui sistem online ini juga memudahkan pembeli yang ingin berkurban namun tidak memiliki banyak waktu untuk membeli secara langsung. Lantas, bagaimanakah hukum jual kambing qurban secara online?


Hukum Jual-Beli Qurban Secara Online

Sebenarnya, hukum jual-beli qurban online memiliki hukum yang sama dengan transaksi online lainnya. Oleh karena itu jual-beli hewan qurban melalui online diperbolehkan karena tidak ada dalil yang jelas melarangnya. Hal yang tetap harus diperhatikan adalah sifat-sifat hewan qurban tadi jelas, bila perlu diperlihatkan foto terbaru untuk melihat kondisinya.

Sedangkan untuk ijab-qabulnya, dalam transaksi online ijab-qabulnya tetap sah. Selama pembeli dan penjual saling ridho dalam transaksi mereka. Hanya saja, membeli hewan qurban secara online membuat Anda tidak dapat menyaksikan sendiri proses penyembelihan. Atau mengambil 1/7 bagian daging yang memang diperuntukkan untuk orang yang berkurban. 

Umumnya, saat Anda membeli hewan untuk qurban proses penyembelihan hingga distribusi ditangani oleh penyelenggara. Ada yang memberitahukan tempat distribusi daging hewan kurbaan Anda, ada juga yang bahkan tidak memberitahu waktu penyembelihan. Untuk itu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli hewan qurban secara online. 

Perhatikan Track Record Penyelenggara

Dalam transaksi online, agar tidak mengecewakan Anda bisa memerhatikan track record dan review dari pembeli serta penilaian mereka atas kinerja penjual. Apalagi untuk pembelian hewan qurban, Anda harus memastikan bahwa penjual amanah dalam melakukan tugasnya.  

Beberapa ciri-ciri penjual hewan qurban secara online yang amanah adalah memberitahu secara pasti detail hewan yang dijual, menjelaskan daerah distribusi daging serta memberitahu kapan hewan kurban Anda disembelih. 

Mengetahui dengan pasti kapan hewan kurban disembelih sangatlah perlu agar Anda dapat melaksanakan salah satu sunnah nabi sebelum berkurban yaitu dengan tidak memotong kuku dan bulu-bulu di tubuh sejak muncul hilal bulan Dzulhijjah sampai disembelihnya hewan kurban.


Pastikan Penyelenggara Melakukan Penyembelihan Secara Sesuai

Umumnya para penjual hewan qurban yang mengatasi langsung penyembelihan dan distribusi memiliki beberapa penasihat agar semua proses kurban yang mereka lakukan sesuai dengan syariat. Anda juga dapat bertanya langsung pada penjual tentang rangkaian proses kurban yang mereka terapkan untuk memastikan. 

Daging Kurban Diberikan pada yang Membutuhkan

Biasanya, para penjual hewan qurban online akan memilih daerah-daerah tertentu yang memasang jelas membutuhkan daging kurban. Saat ini juga banyak layanan kurban yang akan mendistribusikan daging kurban ke daerah pedalaman atau yang dibagikan dengan tujuan mencegah kristenisasi. 

Ada juga layanan kurban yang melakukan program penyembelihan kurban untuk saudara muslim kita yang ada di Rohingnya, Palestina dan Suriah. Di mana pun daerah distribusi hewan kurban Anda nanti, pastikan daerah tersebut benar-benar membutuhkan. Karena masih banyak daerah yang lebih membutuhkan daging kurban dibanding tempat kita. 

Selain itu, pendistribusian dengan cara ini dapat dipastikan memberikan manfaat yang lebih banyak. Anda juga tak hanya mendapat pahala berkurban namun juga pahala membantu dan menolong saudara sesama muslim yang miskin. 

Itulah penjelasan hukum jual-beli hewan qurban secara online serta tips-tips memilih penyelenggara hewan qurban yang baik. Anda bisa memesan hewan kurban melalui Global Qurban yang menyediakan jasa jual kambing qurban juga hewan qurban lainnya. Tidak perlu khawatir, Global Qurban dapat dipastikan amanah dan terpercaya.
by Irwan Rifani 02.12 No comments | in , ,

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites Stumbleupon Twitter

Search