Personal Blog Seputar Informasi Teknologi Terkini

Kamis, 20 Desember 2018

Sabi Software - Meskipun potensi hilangnya sangat kecil, tapi pengetahuan akan prosedur atau langkah-langkah mengadukan Kartu Identitas Anak karena hilang sangat penting dicermati. Khususnya untuk Anda yang belum lama mengenal KIA serta peruntukannya. Berikut prosedur yang bisa Anda terapkan ketika KIA dinyatakan hilang. 

kartu identitas anak

1. Pemohon Mendatangi Kantor Layanan 

Kantor layanan tersebut umumnya sudah ada di ranah kecamatan. Kalau toh Anda mau langsung ke kantor kabupaten juga boleh. Ketika datang, harap untuk bawa sejumlah persyaratan seperti fotokopi KTP, fotokopi KK, fotokopi akta kelahiran anak, dan lain sebagainya. Bawa pula berkas permohonan yang lengkap. 

2. Langsung Diadakan Verifikasi 

Berkas-berkas yang Anda serahkan langsung diperiksa oleh petugas pelayanan. Proses verifikasi serta validasi terhadap isi formulir permohonan & berkas dimaksudkan agar data-data yang Anda berikan sesuai dengan database pemerintah. Soalnya setiap kali anak bikin KIA, identitasnya langsung tercatat di database pemerintah dan digunakan sewaktu-waktu. 

3. Verifikasi oleh Kepala Seksi Identitas Penduduk 

Pada tahap verifikasi versi-2 terhadap isian formulir permohonan KIA serta kelengkapan berkas akan ditindaklanjuti oleh Kepala Seksi Identitas Penduduk. Tujuannya agar blanko untuk pembuatan KIA lekas keluar. 

4. Proses Perekaman Data oleh Operator 

Setelah blanko keluar, secara otomatis data yang ada di berkas dokumen Anda dinyatakan valid. Barulah pihak operator melakukan perekaman ulang terhadap data-data tersebut ke dalam database kependudukan. Selanjutnya, Kartu Identitas Anak pun sudah bisa langsung dicetak. Hanya saja belum bisa langsung diserahkan ke tangan Anda maupun anak. 

5. Verifikasi KIA oleh Kepala Seksi Identitas Penduduk 

Untuk memastikan KIA sudah dicetak berdasarkan ketentuan dari pemerintah, maka pihak Kepala Seksi Identitas Penduduk melakukan proses verifikasi. Anda tidak mau kan jika KIA telanjur diserahkan, tetapi ada bagian yang hilang, cacat, atau hal-hal-hal yang menjadi penyebab kartu jadi tidak berlaku. 

6. Proses Penilaian Akhir dari Kepala Bidang 

Setelah KIA dinyatakan lolos verifikasi, Kepala Bidang langsung bertugas untuk memaraf berkas permohonan KIA. Proses ini merupakan tahap akhir yang menjadi bukti, bahwa permohonan Anda sudah sepenuhnya disetujui. 

7. Staf Seksi Identitas Penduduk Me-registrasi KIA 

Sebelum KIA diserahkan pada Anda, pihak Staf Seksi Identitas Penduduk pun mendaftarkan kartu tersebut setelah ditandatangani. Selanjutnya, kartu tersebut langsung diserahkan ke petugas pelayanan kembali. 

8. Proses Penyerahan KIA kepada Anda 

Setiap daerah memiliki kebijakan tersendiri terkait antrean. Tapi dari segi prosedur pengaduan hingga KIA selesai dibuat, sama persis dengan ke-7 proses di atas. Apabila nama Anda dipanggil, harap untuk segera ke tempat petugas pelayanan. Kadang KIA yang sudah jadi dibagi-bagi secara langsung. 

Begitu pentingnya Kartu Identitas Anak, sebaiknya setelah kartu berhasil dibuat ulang, simpanlah baik-baik. Wajar jika sebelumnya anak bertindak ceroboh. Tapi dengan edukasi yang disampaikan secara rutin dan penuh perhatian, pasti anak bisa memahami sugesti dari Anda.
by Irwan Rifani 01.05 No comments | in ,

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites Stumbleupon Twitter

Search