Personal Blog Seputar Informasi Teknologi Terkini

Sabtu, 27 April 2019

Sabi Software - Asuransi jiwa syariah merupakan jenis asuransi jiwa yang pengelolaannya mengikuti kaidah syariah Islam. Asuransi ini berjalan dengan kesepakatan saling tolong menolong dalam kebajikan. Pilihan yang tepat untuk digunakan dengan kriterianya sebagai berikut ini:  

asuransi jiwa syariah

1.    Tolong menolong 

Dalam asuransi ini kriterianya adalah tolong menolong antara nasabah yang satu dengan nasabah lainnya. Maksudnya, risiko dibagi sesuai dengan kebutuhan penanganannya. Arti lainnya bahwa risiko dipindahkan atau biayanya dibayarkan secara bersama. Dana yang diberikan pun berdasarkan pada keikhlasan tanpa memintanya kembali. Agar lebih jelas, biasanya saat pendaftaran ini akan dijelaskan dalam surat kesepakatan. Anda bisa membacanya dengan jelas dan jika tidak paham bisa menanyakan langsung pada pihak asuransi.   

2.    Pembayaran klaim 

Biasanya, klaim asuransi syariah ini dibayarkan menggunakan dana yang ada di dalam rekening Tabarru tanpa tambahan dari manapun. Dana ini merupakan dana dari hasil pembayaran premi nasabah asuransi. Jadi, ketika pembayaran premi nasabah tersendat bisa berisiko pada pelayanan asuransi dalam pembayaran klaim.  

3.    Pengawasan ketat 

Asuransi jiwa syariah merupakan asuransi yang diawasi secara ketat oleh Dewan Syariah Nasional (DSN). Seluruh proses yang terjadi dalam asuransi ini akan mendapatkan pengawasan agar tidak terjadi kesalahan ataupun kecurangan. Anda bisa mengetahui ini saat akan menandatangani kesepakatan menjadi peserta asuransi.  

4.    Sistem bagi hasil 

Kriteria berikutnya yang digunakan dalam asuransi ini adalah sistem bagi hasil. Jadi, nasabah yang melakukan investasi akan mendapatkan bagian dari bagi hasil. Semuanya digunakan dalam produk asuransi syariah ini.  

5.    Uang tidak hangus 

Uang yang Anda bayarkan saat pertama kali membuat asurasni tidak akan hangus. Uang tersebut tetap menjadi milik Anda karena perusahaan asuransi hanya sebagai pengelolanya saja. Jadi, Anda bisa meminta uang tersebut dengan sistem klaim sesuai ketentuannya.  

Asuransi jiwa syariah ataupun tidak syariah tujuannya tetaplah sama, di mana sama-sama untuk menjamin risiko buruk yang dapat terjadi pada nasahnya. Hanya saja berbeda dalam hal sistem yang dijalankan atau berbeda kriterianya. Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu terkait asuransi apa yang akan digunakan di allianz.co.id.
by Rifani Irwan 20.45 No comments | in , ,

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites Stumbleupon Twitter

Search