Personal Blog Seputar Informasi Teknologi Terkini

Jumat, 30 Agustus 2019

Sabi Software - Salah satu komponen yang penting dari sebuah mobil adalah rem. Jika rem mengalami masalah, tentu saja akan membahayakan baik bagi yang menggunakan kendaraan ataupun orang lain. Namun ternyata fungsi rem masih sering mengalami kerusakan jika tidak dirawat dengan baik. Sebenarnya ada salah satu cara yang sangat mudah untuk dilakukan supaya rem tidak cepat rusak yaitu dengan menambahkan minyak atau cairan rem

Nah buat Anda, jangan sampai lupa ataupun membiarkan rem mobil tanpa pelumas ya. Karena akan sangat berbahaya jika kampas rem sampai terbakar. Terutama buat Anda yang akan melakukan perjalanan jauh apalagi dengan medan yang sulit. Anda harus ekstra mengecek kondisi mobil sebelum keberangkatan. 

minyak atau cairan rem

Tips Menjaga Rem Mobil 

Sebenarnya perjalanan akan semakin aman jika setiap hari Anda memperhatikan dan menjaga komponen mobil supaya tetap optimal. Misalnya dengan mengganti oli ketika sudah saat penggantian. Oli ternyata juga berhubungan erat dengan kampas rem. Jika oli terlalu panas, dapat membakar kampas rem. Lalu apa saja sih cara-cara yang dapat digunakan untuk menjaga rem supaya tidak mengalami kerusakan? 

1. Periksa Ketebalan Kampas Rem 

Salah satu  penyebab rem tidak berfungsi adalah kampasnya yang semakin menipis. Kampas yang tipis ini memang disebabkan oleh gesekan yang terjadi ketika mesin dijalankan. Anda dapat mengecek seberapa tebal kampas mobil ketika rem dan mesin telah dingin. Anda bisa mengeceknya menggunakan tangan disela kampas rem da caliper. 

Untuk kampas sendiri sebenarnya direkomendasikan untuk diganti kurang lebih setelah 25.000Km. Atau bisa saja sebelum itu jika memang kondisi kampas tipis. Jadi menyesuaikan dengan kondisi kampas mobilmu ya. Segera gantilah jika memang dirasa kampas sudah tipis. 

2. Gunakan Minyak atau Pelumas 

Memberikan minyak atau cairan rem adalah salah satu cara yang praktis dan mudah untuk menjaga gesekan rem supaya tidak besar dan tidak gampang aus. Anda dapat membeli minyak rem di banyak tempat baik di bengkel maupun di toko online.  

Dari sekian review, paling tidak Anda bisa melakukan satu tips ini untuk menjaga rem. Anda dianjurkan untuk mengganti minyak rem setelah jarak 20.000 Km 

3. Jangan sembarangan dalam mengganti Spare Part 

Khususnya di bagian rem, jangan sampai mengganti komponen rem di tempat yang tidak resmi. Apalagi jika komponen penggantinya juga tidak resmi. Hal ini bisa membahayakan pengguna jika komponennya tidak sesuai standar. Karena terkadang, spare part tertentu tidak cocok digunakan untuk mobil tertentu. 

4. Membersihkan debu dari bagian rem 

Jika terdapat banyak debu di bagian rem, Anda harus membersihkannya. Karena tumpukan debu yang terjebak diantara brake pad dan rotor disc bisa menyebabkan kerusakan pada rotor disc. 

5. Melakukan service besar 

Nah Anda bisa nih melakukan servis total supaya kendaraan jauh lebih nyaman dan aman untuk digunakan. Anda bisa melakukan service besar di bengkel resmi dealer tempat Anda membeli. Service besar bisa membuat Anda tahu komponen apakah yang perlu untuk diperbaiki dari mobil secara lengkap.

Tidak terasa sudah 5 tips nih yang kita bahas. Jangan lupa untuk selalu cek rem serta tambahkan minyak atau cairan rem ya. Supaya perjalanan bukan hanya sekadar nyaman namun juga aman. Happy Traveling.
by Rifani Irwan 17.16 No comments | in , ,

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites Stumbleupon Twitter

Search