Personal Blog Seputar Informasi Teknologi Terkini

Minggu, 10 November 2019

Sabi Software - Layaknya oli mesin pada motor matic, oli transmisi juga harus sering diganti. Ada beragam manfaat ganti oli transmisi yang bisa Anda rasakan begitu melakukannya. Kira-kira apa saja manfaat dari pergantian oli ini? Yuk, kita simak apa saja ulasannya dibawah ini! 

Manfaat ganti oli transmisi

Pentingnya Oli Transmisi Harus Diganti 

Layaknya jantung pada tubuh manusia, oli juga memiliki fungsi sama pada tubuh kendaraan, yakni melumasi seluruh komponennya agar berjalan sempurna. Oleh sebab itu, oli bisa dibilang sangat berpengaruh terhadap usia kendaraan Anda. Sebagai contoh, sebuah mobil yang tidak diisi oli, maka dapat mencapai umur kurang dari 20 tahun apabila dibandingkan dengan mobil plus oli. 

Tidak hanya melancarkan kinerja masing-masing komponennya, oli juga bertugas mencegah komponen terserang karat dan saling bergesekan dengan kasar. Selain itu, oli transmisi juga berguna untuk penghantar perpindahan gigi otomatis pada motor matic. Siapa sangka oli ini memiliki banyak fungsi pada kendaraan, ya? 

Lalu, bayangkan jika Anda jarang menggantinya. Bisa dikatakan, semua fungsi-fungsi tersebut tidak akan berjalan dengan lancar. Mesin akan bergesekan dengan kasar, komponen mesin dapat terserang karat dan rusak parah, serta kinerja komponennya bisa macet. Yang paling menjengkelkan, kendaraan bisa rusak fatal dan turun mesin sehingga Anda harus membayar biaya perbaikan yang sangat besar. 

Manfaat Ganti Oli Transmisi pada Kendaraan 

Agar terhindar dari segala kerusakan fatal yang bisa terjadi pada kendaraan kesayangan kita, maka ada baiknya oli transmisi diganti dalam beberapa waktu sekali. Nah, berikut ini ada beberapa manfaat ganti oli transmisi yang akan Anda dapatkan, antara lain : 

1. Menjaga Komponen Mesin 

Anda mungkin pernah mendapati kendaraan Anda macet, tarikan gasnya tersendat, atau ada bunyi kasar dari mesin kendaraan. Nah, itulah beberapa akibat dari oli transmisi yang dibiarkan tidak layak. Mengganti oli ini akan menyingkirkan semua masalah tersebut. Selain itu, oli dapat menjaga komponen mesin dengan baik. 

2. Kinerja Mesin Meningkat 

Untuk Anda yang sering mengganti oli secara berkala, pasti Anda akan merasakan hebatnya performa mesin kendaraan Anda. Tidak hanya bersuara halus dengan tarikan mesin yang kencang, kinerja mesin pun juga ikut meningkat. Hal ini terjadi lantaran zat kimia yang terkandung pada si oli baru dapat melumasi mesin sehingga rasanya seolah kembali menjadi ‘mesin baru’ lagi. 

Sebaliknya, jika Anda tidak menggantinya, maka warna hitam pekat pada oli dapat mempengaruhi jalannya kendaraan. Fungsi utamanya untuk melumasi komponen tidak berjalan lancar dan malah akan berdampak pada laju kendaraan. Untuk itu, jangan lupa untuk mengganti oli motor secara berkala. 

3. Mencegah Debu 

Oli yang sering diganti tentu akan mencegah debu masuk ke dalam komponen mesin. Sebaliknya, oli yang tidak diganti akan sangat kotor dan juga akan menyebabkan debu menumpuk di masing-masing komponen karena fungsi pelumasnya tidak berjalan dengan baik. 

4. Mencegah Turun Mesin 

Kerusakan parah yang paling dihindari para pemilik kendaraan adalah turun mesin. Pasalnya, kerusakan ini membutuhkan perawatan yang lama dan biaya perbaikan yang tidak murah.  

Sebut saja, uang satu juta pun dirasa belum cukup untuk memperbaiki seluruh komponennya. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda mengganti oli transmisi agar komponen terlumasi dengan baik dan tidak terjadi turun mesin. 

Demikian uraian tentang manfaat ganti oli transmisi. Semoga ulasannya bermanfaat dan dapat memberi Anda sedikit pengetahuan tentang dunia otomotif!
by Rifani Irwan 12.55 No comments | in ,

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites Stumbleupon Twitter

Search